Melawai Balikpapan : Wisata Pantai Yang Populer



MELAWAI BALIKPAPAN – Kalau di Jakarta ada Lintas Melawai yang menjadi tempat nongkrong anak muda yang popular, saking populernya sampai-sampai menginspirasi seorang seniman untuk membuat lagu yang dipopulerkan oleh Hary Moekti berjudul 'Lintas Melawai'. Di Balikpapan, nama Melawai adalah nama pantai yang menjadi tempat wisata yang juga populer bagi masyarakat Balikpapan
 
Melawai Balikpapan
Sunset di Melawai Balikpapan
Seperti Lintas Melawai di Jakarta, Melawai Balikpapan menjadi tempat berkumpulnya para muda-mudi, mereka berkumpul berkelompok, saling tebar pesona dan tak jarang saling goda serta saling ejek yang berujung pada perkelahian.

Menjelang petang, Melawai Balikpapan ini selalu dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan saat matahari terbenam (sunset). Menurut mereka, Melawai adalah lokasi terbaik untuk menyaksikan sunset di Kota Balikpapan sambil menikmati makanan yang disediakan warung lesehan di sepanjang bibir pantai.
 
warung lesehan melawai
Warung Lesehan - Melawai Balikpapan

Di pinggiran jalan Pantai Melawai, mini-mini cafe yang menjajakan makanan dan minuman ala cafe juga sangat mudah dijumpai. Di rombong-rombong kecil menggunakan meja-meja kecil dan duduk lesehan, cafe-cafe ini menjual aneka menu ala cafe seperti, kentang goreng, aneka jenis kopi dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan, musik hingar bingar pun diputar di mini-mini cafe yang hanya berjarak beberapa meter dari satu cafe ke cafe lainnya. Wajar, karena pengunjung mini cafe – mini cafe ini lebih didominasi oleh anak-anak muda.

Sedangkan pada malam hari, Melawai Balikpapan merupakan tempat nongkrong paling favorit bagi anak muda dan keluarga untuk sekedar melepas kepenatan atau berkumpul bersama teman. 

Pada Malam Minggu, tempat wisata ini jadi tongkrongan masyarakat Balikpapan mulai dari pasangan muda-mudi, pengantin baru, keluarga dan berkumpulnya berbagai komunitas, seperti komunitas motor, komunitas sepeda antik, komunitas mobil dan komunitas unik lainnya.

Pantai Melawai tidak cocok untuk berenang karena banyak bebatuan karang pada dasar pantai serta lokasi yang kurang mendukung akibat adanya kapal-kapal milik nelayan yang Parkir disepanjang pinggir pantai, dihari-hari tertentu.

pulau tukung
Pulau Tukung - Melawai Balikpapan

Apabila air sedang surut, pengunjung bisa berjalan-jalan di pasir pantai hingga ke pulau yang berada dekat dengan pantai ini. Masyarakat Balikpapan menyebut pulau ini dengan sebutan Pulau Tukung.

Namun, apabila air laut mulai pasang, pengunjung harus segera meninggalkan Pulau Tukung, karena, saat air pasang, pulau ini akan dikelilingi air laut hingga pinggiran pantai melawai.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.